KSBN Ikut Ramaikan HUT Majapahit Ke-725

JAKARTA – Festival Trowulan Majapaphit 2018 digelar sejak awal hingga akhir November. Salah satunya Gelar Seni dan Orasi Budaya bertemakan “Bangkitnya Nilai-Nilai Majapahit untuk Kejayaan Nusantara” tersaji di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, 10 November lalu. Pada momentum peringatan HUT Majapahit ke-725 tersebut, Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) melalui tim kesenian Pandji Wiratama (PW) turut  ambil bagian membawakan Tari Ratu Sewu Negoro pada festival itu. “Tari ini melambangkan hadirnya seribu wilayah di nusantara untuk saling bersinergi dan bekerja sama mengembangkan negara kesatuan. Mereka saling asah saling asih saling asuh dalam latihan bela negara,” ujar Sekjen KSBN Enny Supriati Sardiyarso.

Ketua Umum KSBN Hendardji Soepandji (tengah) bersama para penari Tari Ratu Sewu pada peringatan HUT Ke-725 Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (10/11).

Tim tari KSBN sendiri di antaranya terdiri dari Darmono, Ati Bob, Nungky, Diah Tedja, Indra Utami Tamsir, Hary, Tyok, dan Budi. Mereka mampu tampil solid di festival tahunan tersebut. Enny menyatakan, kerja sama seperti itu akan terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang. Sebab, prinsipnya partisipasi seperti itu menjadi bagian dari upaya melestarikan kearifan lokal. “Kerja sama dengan Panitia HUT Majapahit akan dilanjutkan pada tahun mendatang di tempat yang sama. Insha Allah KSBN akan ikut dalam kepanitian,” ujarnya. (one)

 

 

Related posts