KSBN JATENG DIKUKUHKAN

KSBN JATENG DIKUKUHKAN

SEMARANG – Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Hendardji Soepandji melantik pengurus KSBN Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono Karto Soedarmo di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (17/11). Pelantikan dan pengukukan pengurus KSBN provinsi ini merupakan yang kedua setelah pelantikan pengurus KSBN Provinsi Maluku Utara di Halmahera Selatan, 27 September lalu.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh nasional seperti tokoh perempuan Jateng Roesmiati Soepandji, mantan Jaksa Agung Hendarman Soepandji, Jenderal (Purn) Widjojo Soejono, mantan Irjen Hankam Letjen (Purn) I Putu Soekreta Suranta, dan GKBRAA Pakualam.

“Salah satu misi dari KSBN adalah menjadi wadah bagi asosiasi/komunitas seni dan budaya di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk itulah, kami mempunyai program agar di seluruh provinsi di Indonesia ada KSBN daerah, dan KSBN daerah Jawa Tengah merupakan KSBN daerah kedua yang dikukuhkan setelah KSBN Maluku Utara,” ujar Hendardji dalam sambutannya.

Hendardji menyatakan, perkumpulan KSBN dibentuk untuk menjembatani kepentingan pemerintah dengan kepentingan masyarakat dalam pembangunan berbasis budaya yang sejalan dengan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, agar Indonesia memiliki ketahanan budaya dan mampu memberikan kontribusi di tengah peradaban dunia.

Sementara Ketua KSBN Provinsi Jateng Sri Puryono mengaku bahwa dia akan bergotong royong membangun KSBN Jateng agar mampu mengemban misi mengembangkan seni dan budaya sesuai UU No. 5 Tahun 2017.

“Saya engak mungkin kerja sendirian. Kami harus bekerja sama dengan pengurus lainnya untuk menjalankan organisasi KSBN ini. Saya akan kerjakan amanah ini dengan maksimal,” ujar Sri Puryono.

Puryono menegaskan, pihaknya tidak akan berpangku tangan setelah pelantikan dan pengukuhan ini. Justru, ini menjadi momen penting dimulainya kinerja KSBN Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sangat mengapresiasi para pendiri KSBN yang peduli dengan budaya yang ada di masyarakat Indonesia. “KSBN Jateng dapat disinergikan dengan program Pemprov,” ujar Ganjar dalam sambutan yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jateng Eddy Djoko Pramono. (One)

Related posts