KSBN Lakukan Lawatan Budaya ke Swedia

KSBN Lakukan Lawatan Budaya ke Swedia

JAKARTA – Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Hendardji Soepandji melepas tim yang akan melakukan lawatan budaya ke Stockholm, Swedia. Kegiatan budaya tersebut akan berlangsung pada 25-31 Juli mendatang. Kegiatan ini merupakan kegiatan lawatan budaya ketiga KSBN dalam tahun ini. Sebelumnya, KSBN melakukan dua lawatan budaya ke Mesir, yakni pada April dan Mei lalu.

“Kami akan terus melakukan lawatan budaya keluar negeri demi mengenalkan dan memperkuat budaya nusantara di internasional. Bahkan, pekan depan KSBN akan memenuhi undangan KBRI Swedia untuk menampilkan seni budaya Indonesia di sana,” ujar Hendardji saat melepas tim KSBN Swedia, bersamaan dengan halal bilhalal (HBH) KSBN di Taman Mini Indonesia Indah, Senin (16/7).   

Menurut Hendardji, upaya lawatan budaya luar negeri yang terus dibangun itu tak lepas dari komitmen KSBN untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal. Dengan tampil di negeri orang, seni budaya lokal akan ikut terpromosikan. Dampaknya, dunia akan lebih mengenai seni budaya Indonesia yang beragam.

Bahkan, setelah lawatan ke Swedia, KSBN juga berencana akan kembali melakukan lawatan ke Mesir, September mendatang. Sementara pada November, KSBN akan memberangkatkan tim kesenian ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Lawatan ke Mesir ini merupakan lawatan ketiga ke negara itu dalam setahun ini. Untuk lawatan pertama diwakili Aceh, lawatan kedua campuran karena ada dari Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Jakarta. Sedangkan untuk yang ketiga akan diwakili tim Papua,” ujarnya.

Dengan menurunkan wakil dari Papua, masyarakat internasional, khususnya Mesir, akan lebih mengenai seni budaya dari provinsi di bagian Timur Indonesia itu.

“Jadi, sekarang ini banyak negara yang mengundang KSBN untuk menampilkan seni budayanya di negara mereka.  Tahun depan saja kami sudah punya rencana destinasi untuk melakukan lawatan budaya,” kata mantan Ketua Umum PB Forki tersebut.

Faktanya begitu, KSBN sudah merancang beberapa agenda lawatan untuk 2018. Februari misalnya, Hendardji akan mengirimkan tim seni budayanya ke Maroko dan pada Juni ke Aljazair. Begitu juga Chile akan masuk agenda lawatan budaya KSBN tahun depan. (*)   

Related posts