Budaya Persatukan Bangsa Indonesia

 

JAKARTA – Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Hendardji Soepandji kembali menegaskan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya bangsa. Sebab, budaya adalah pemersatu bangsa Indonesia.

“Saya merasa sangat nyaman berada di lingkungan masyarakat budaya. Karena budaya mempersatukan bangsa,” ujar Hendardji saat halal bilhalal (HBH) KSBN di Taman Mini Indonesia Indah, Senin (16/7).

Menurut mantan Komandan Puspomad itu, keberagaman budaya  itu adalah berkah bagi Indonesia. Karena itu dia sangat senang dalam HBH KSBN hadir beberapa utusan dari daerah seperti DKI Jakarta, Aceh, Jawa Barat, Papua, Kalimantan Timur, dll.  Hadir juga dalam acara HBH KSBN beberapa tokoh nasional seperti mantan Gubernur Lemhanas Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA; Ketua Umum DPP Asosiasi Jasa Boga Indonesia Rahayu Setyowati; dll.

Hendardji juga menegaskan, selain mempersatukan bangsa, lewat budaya pula masyarakat internasional lebih mengenal Indonesia. Karena itu, dia bertekad untuk terus menumbuhkembangkan budaya nusantara lewat lawatan-lawatan budaya di berbagai negara.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia HBH KSBN Niniek Puspa. Menurutnya, HBH KSBN adalah ajang silaturahmi yang bagus di antara komunitas seni dan budaya Indonesia.  “Semoga kegiatan HBH ini bisa merekatkan tali persaudaraan di antara kita,” ujar Niniek. (*)

 

 

Related posts