BUPATI HALSEL RESMI JADI KETUA KSBN MALUKU UTARA

BUPATI HALSEL RESMI JADI KETUA KSBN MALUKU UTARA

LABUHA – Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji melantik Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba, S.Pd, M.Pd sebagai Ketua KSBN Komisariat Maluku Utara di Taman Budaya Saruma, Labuha, Halsel, Maluku Utara, Rabu (27/9). Dalam acara tersebut, selain para pejabat Halsel, turut hadir pimpinan Saber Pungli Irjen Pol M Gufron.

Dalam sambutannya Hendardji menyatakan, KSBN Halsel merupakan KSBN daerah pertama yang dilantik sejak berdirinya KSBN pada 10 Februari 2017 atau dua bulan sebelum disahkannya Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017.
“Setelah ini akan menyusul KSBN-KSBN lain seperti Jateng, NTT, dan lain-lainnya yang sedang melakukan persiapan,” ujar Hendardji.
Hendardji menegaskan, aneka ragam budaya yang dimiliki Indonesia merupakan kekuatan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Bahkan, keluarnya UU No 5 Tahun 2017 juga makin memperkokoh Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam budaya tradisional.
“Selama 72 tahun kebudayaan negeri kita berjalan tanpa Undang-Undang. Maka, kini saatnya kita membangun negeri ini dengan mengangkat kearifan lokal sebagai basis pembangunan nasional,” tegas mantan Komandan Puspom TNI AD tersebut.
Dia menambahkan, dengan menipisnya sumber energi dunia dan terjadinya pergeseran kekuatan ekonomi dari barat ke timur, maka dunia telah mengalihkan sumber devisa negaranya dari industri ke sektor pariwisata. Termasuk, pemerintah Indonesia juga telah menetapkan pariwisata sebagai core ekonomi nasional. Karena itu, dia meminta UU Pemajuan Kebudayaan dijadikan sebagai landasan kuat berkembangnya suatu wilayah yang sejalan dengan UU tersebut.
“Maluku Utara memiliki keindahan alam luar biasa, terutama alam laut serta peninggalan bangunan sejarah yang tidak dimiliki privinsi lain. Jika ini ditopang dengan budaya, maka akan memiliki daya saing internasional yang mampu menarik wisatawan asing dalam skala besar ” kata Hendardji.

Related posts