Indonesia Hadiri Pertemuan Ke-8 GMNC

Walikota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim (tujuh) memimpin delegasi Indonesiamenghadiri Pertemuan Ke-8 Global Network of Magellan Cities di Praia, Republik CaboVerde, 17-20 Oktober. Anggota delegasi Indonesia di antaranya wakil Kementerian Luar Negeri, KBRI Lisabon, Pemkot Tidore Kepulauan, dan Ketua Umum Komite Seni dan Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji (dua kiri).

PRAIRA – Pertemuan ke-8 Global Network of Magellan Cities (GNMC) telah diselenggarakan di Praia, Republik Cabo Verde, 17-20 Oktober. Sebagai anggota GNMC, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah perpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Delegasi RI dipimpin oleh Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim, MH, dengan anggota delegasi yang terdiri dari wakilKementerian Luar Negeri, KBRI Lisabon, Pemkot Tidore Kepulauan, dan Komite Seni danBudaya Nusantara (KSBN).

Pertemuan secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Cabo Verde, Dr. Jorge Carlos de Almeida Fonseca bersama Walikota Lisabon (Portugal) Fernando Medina, selaku Presiden/Ketua GNMC 2017-2018 dan Walikota Praia Oscar Santos selaku tuan rumah. Pertemuan dihadiri oleh oleh 8 (delapan) Walikota di dunia yang tergabung dalam GNMC.

Di hadapan Presiden Cape Verde, Walikota Tidore Kepulauan mengaku gembira karena dapat secara langsung menghadiri Pertemuan Ke-8 GNMC. Kehadirannya adalah untuk memastikan partisipasi Indonesia dalam Peringatan 500 Tahun Circumnavigation. ”Penerbangan dari Indonesia menuju Cape Verde membutuhkan waktu lebih dari 30 jam. Namun tantangan tersebut bukanlah halangan bagi kami untuk memastikan partisipasi Indonesia dalam peringatan circumnavigation,” ujar Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim, MH.

Bagi Indonesia, peringatan circumnavigation telah mendatangkan perhatian Pusat. Sejumlah inisiatif di tingkat nasional mulai disiapkan sebagai bentuk partisipasi Indonesia dalam peringatan circumnavigation. Salah satu inisiatif tersebut adalah penyelenggaraan SailTidore 2021 sebagai puncak peringatan circumnavigation.

Guna mematangkan partisipasi Indonesia dalam rangkaian peringatan circumnavigation,Walikota Tidore Kepulauan telah mengusulkan agar Tidore dapat menjadi tuan rumah Pertemuan ke-10 GNMC pada Juli 2019. “Pertemuan GNMC menyambut baik usulan kamidan proposal tersebut akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan ke-9 di Sevilla, Spanyol,”ujar Capt. Ali.

Mengakhiri sambutannya, Walikota Tidore menyatakan bahwa Pemerintah Kota dan masyarakat Tidore Kepulauan menanti kehadiran seluruh delegasi GNMC di Tidore pada Juli
2019. (m ridwan)

Related posts